Strategi pendidikan kesehatan dan penurunan stigma TB di masyarakat: A systematic review

Authors

  • Anggraini Marissa Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia
  • Etty Rekawati Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia
  • Astuti Nursasi Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33024/hjk.v18i3.344

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Stigma Masyarakat, Tuberkulosis (TB)

Abstract

Background: Tuberculosis stigma is a challenge in TB management for health care in the community. According to previous research, health education can significantly improve knowledge about TB and reduce public stigma against it.

Purpose: To identify how interventions can improve public knowledge about tuberculosis and decrease the stigma people have about TB.

Method: Systematic review academic articles were searched through online databases from 2018 to 2022, and 6 articles were obtained for analysis.

Results: Health education was provided to the community with a variety of approaches, including structured education, empowerment of the community, support and motivation from the community cadres, a gender approach, and workshop/compliance for service provider agency officials.

Conclusion: The provision of structured health education and the approach characterized by local communities proved effective in increasing knowledge about TB and reducing the growing stigma in the community towards TB patients.

 

Keywords: Health Education; Social Stigma; Tuberculosis (TB).

 

Pendahuluan: Stigma terhadap TB adalah tantangan dalam pengelolaan TB bagi tenaga kesehatan di masyarakat. Dari penelitian terdahulu, secara signifikan pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai TB dan menurunkan stigma masyarakat terhadap TB.

Tujuan: Untuk mengidentifikasi intervensi yang dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai TB dan menurunkan stigma TB.

Metode: Systematic review menggunakan penelusuran artikel akademik melalui online database dari tahun 2018-2022 dan didapatkan 6 artikel untuk dianalisis.

Hasil: Pendidikan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dengan berbagai strategi pendekatan antara lain,  edukasi terstruktur, pemberdayaan masyarakat, dukungan dan motivasi dari kader masyarakat, pendekatan gender, dan pelatihan bagi petugas instansi pemberi layanan. 

Simpulan: Pemberian pendidikan kesehatan terstruktur dan pendekatan sesuai dengan kondisi masyarakat setempat terbukti efektif dalam peningkatan pengetahuan mengenai TB dan menurunkan stigma yang berkembang di masyarakat terhadap penderita TB.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan; Stigma Masyarakat; Tuberkulosis (TB).

Published

2024-05-27

How to Cite

Marissa, A., Rekawati , E., & Nursasi, A. (2024). Strategi pendidikan kesehatan dan penurunan stigma TB di masyarakat: A systematic review. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(3), 398–407. https://doi.org/10.33024/hjk.v18i3.344