Implementasi perangkat lunak sebagai media edukasi bantuan hidup dasar: A literature review

Authors

  • Cecep Yoga Sunendar Program Studi Magister Keperawatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Ridlwan Kamaluddin Program Studi Magister Keperawatan, Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.33024/hjk.v18i1.220

Keywords:

Bantuan Hidup Dasar, Pendidikan, Perangkat Lunak

Abstract

Background: Learning innovation has now entered into digitalization which utilizes software as an effective distance learning medium to combine various approaches. With the software used for BHD training, it can be an effective and efficient innovation to improve the quality of knowledge and skills of professionals.

Purpose: To determine the implementation of software as a BHD educational medium and its effectiveness in increasing the knowledge and skills of users.

Method: Literature study research using Scopus, PubMed, and Google Scholar research databases with a publication year range of 2018-2023.

Results: There were 5 articles out of 1164 articles that matched the keywords and inclusion and exclusion criteria. Based on these 5 articles, 4 of them reported better learning outcomes when using software or applications compared to the control group.

Conclusion: The software method is considered more practical and flexible in the process but requires continuous development to improve the quality of content which can affect the knowledge and skills of learning participants.

 

Keywords: Basic Life Support; Education; Software.

 

Pendahuluan: Inovasi pembelajaran saat ini sudah masuk ke dalam digitalisasi yang memanfaatkan perangkat lunak sebagai media pembelajaran jarak jauh yang efektif untuk mengkombinasikan berbagai macam pendekatan. Dengan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk pelatihan BHD dapat menjadi sebuah inovasi yang efektif dan efisien demi meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan dari para profesional.

Tujuan: Untuk mengetahui implementasi perangkat lunak sebagai media edukasi BHD dan efektifitasnya dalam meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan penggunanya.

Metode: Penelitian studi literatur dengan menggunakan database penelitian Scopus, PubMed, dan Google Scholar dengan rentang tahun publikasi 2018-2023.

Hasil: Ditemukan 5 artikel dari 1164 artikel yang sesuai dengan kata kunci dan kriteria inklusi maupun eksklusi. Berdasarkan 5 artikel tersebut, 4 diantaranya melaporkan hasil pembelajaran yang lebih baik saat menggunakan perangkat lunak ataupun aplikasi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Simpulan: Metode dengan perangkat lunak dinilai lebih praktis dan fleksibel dalam prosesnya akan tetapi membutuhkan pengembangan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas konten yang dapat berpengaruh terhadap pengetahuan dan keterampilan peserta pembelajaran.

 

Kata Kunci: Bantuan Hidup Dasar; Pendidikan; Perangkat Lunak.

Published

2024-03-09

How to Cite

Sunendar, C. Y., & Kamaluddin, R. (2024). Implementasi perangkat lunak sebagai media edukasi bantuan hidup dasar: A literature review. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(1), 44–53. https://doi.org/10.33024/hjk.v18i1.220