Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri ibu dan praktik menyusui di kalangan ibu yang bekerja: A literature review

Authors

  • Risti Linta Chumaira Fakultas Kedokteran Departemen Keperawatan Universitas Diponegoro
  • Anggorowati Anggorowati Fakultas Kedokteran Departemen Keperawatan Universitas Diponegoro
  • Zubaidah Zubaidah Fakultas Kedokteran Departemen Keperawatan Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.33024/hjk.v18i1.219

Keywords:

Efikasi Diri, Ibu Bekerja, Menyusui

Abstract

Background: Breast milk is a source of nutrition that every baby needs which is given exclusively from birth and after the age of 6 months plus complementary breast milk until the age of 2 years. Barriers to breastfeeding for mothers who return to work are the workload, stress and maternal beliefs that interfere with the quality of their relationship with their baby and the mother's employment status. Breastfeeding self-efficacy refers to a mother's ability to breastfeed her baby and is an important variable in breastfeeding duration.

Purpose: To determine the factors that contribute to self-efficacy in increasing self-confidence in breastfeeding among working mothers.

Method: Literature review research by identifying all quantitative and qualitative study articles related to mothers who work and are providing exclusive breastfeeding, working breastfeeding mothers, and breastfeeding self-efficacy. Literature searches using databases namely Pubmed, Scopus, Willey, and Science Direct.

Results: Identified 6,013 articles and found 10 articles that were appropriate and relevant to various factors of breastfeeding self-efficacy for working mothers, such as social support, breastfeeding experience, breastfeeding knowledge, modelling, and psychological conditions of working mothers.

Conclusion: There are several factors for the self-efficacy of working breastfeeding mothers, and the most dominant factor in the literature search is social support.

 

Keywords: Breast-Feed; Self-Efficacy; Working Mother.

 

Pendahuluan: Air susu ibu (ASI) adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan setiap bayi yang diberikan secara eksklusif dari sejak lahir dan setelah usia 6 bulan ditambah dengan makanan pendamping ASI (MPASI) sampai usia 2 tahun. Hambatan menyusui bagi ibu yang kembali bekerja adalah beban kerja, stres, dan keyakinan ibu sehingga mengganggu kualitas dengan bayi mereka dan status pekerjaan ibu. Efikasi diri menyusui mengacu pada kemampuan ibu dalam menyusui bayinya dan merupakan variabel penting dalam durasi menyusui.

Tujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor yang berkontribusi terhadap efikasi diri dalam peningkatan keyakinan diri dalam menyusui pada ibu yang bekerja.

Metode: Penelitian literature review dengan melakukan identifikasi semua artikel studi kuantitatif dan kualitatif yang terkait dengan ibu yang bekerja dan sedang memberikan ASI eksklusif, ibu menyusui yang bekerja, dan breastfeeding self-efficacy. Pencarian literatur menggunakan database yaitu Pubmed, Scopus, Willey, dan Science Direct.

Hasil: Mengidentifikasi sebanyak 6.013 artikel dan mendapatkan 10 artikel yang sesuai dan relevan dengan berbagai faktor efikasi diri menyusui ibu bekerja, seperti dukungan sosial, pengalaman menyusui, pengetahuan menyusui, modelling, dan kondisi psikologi ibu bekerja.

Simpulan: Terdapat beberapa faktor efikasi diri ibu menyusui yang bekerja dan faktor yang paling dominan dalam pencarian literatur adalah dukungan sosial.

 

Kata Kunci: Efikasi Diri; Ibu Bekerja; Menyusui.

Published

2024-03-09

How to Cite

Chumaira, R. L., Anggorowati, A., & Zubaidah, Z. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri ibu dan praktik menyusui di kalangan ibu yang bekerja: A literature review. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(1), 26–35. https://doi.org/10.33024/hjk.v18i1.219